Hello

Welcome To BOLD

This Awesome Blogger Template is Brought To You By Bthemez, Downoad it Now
only at bthemez.com
Let's Sociaize

Bisnis Plan Cake Pop

BAB I
PENDAHULUAN

Nama Perusahaan                    :  Good Time Corp.
Bidang Usaha                         :  Produk Makanan
Jenis Produk                            :  Cake Pop, Es cream
Alamat Perusahaan                 :  Jalan PK. Bangsa, Kediri-Jawa Timur
Nomor Telepon                       :  081216413571


A.       Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satu makanan biasa yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari adalah roti dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi membuat perut mudah kenyang dan es cream yang bisa mendinginkan hati yang kacau. Namun, masyarakat mulai jenuh dengan bentuk dan rasa roti yang biasa-biasa saja, tidak adanya inovasi.
Untuk itu, diperlukan inovasi baru dalam mengolah roti tersebut sehingga penyajian roti tidak monoton. Kami mencoba mengkreasikan roti tersebut, dengan mengolah roti menjadi bulatan yang disebut dengan cake pop yang sehat, bergizi, serta bentuk yang mampu mengundang selera. Kelebihan cake pop yang kami buat adalah isi buah bervariasi terdiri dari buah naga, strawberry, dan jeruk yang dilengkapi dengan beraneka macam rasa es cream serta rasa roti yang unik dikemas dalam bentuk cake pop.

B.        Penjelasan Produk
Cara membuat produk kami tidak berbeda jauh dengan membuat cake pop pada umumnya, yaitu dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Hancurkan kue dengan cara di cabik-cabik sampai menjadi remahan kecil-kecil. Jangan di remas, karena akan membuat kue susah menyatu dengan bahan lainnya.
2. Masukkan olesan/selai coklat/selai rasa apa saja sesuai yang di inginkan sedikit demi sedikit sambil di aduk. Fungsi selai disini agar kue dapat di bentuk bulat-bulat. Banyaknya selai yang diperlukan tergantung jenis kuenya.
3. Ambil sedikit adonan, gunakan sendok kecil, bulatkan sambil agak ditekan. Letakkan di atas loyang. Lakukan sampai adonan habis. Didalam roti diberi irisan buah sesuai selera
4. Masukkan ke dalam kulkas selama 15-30 menit dengan tujuan supaya kue menjadi agak padat. Jangan sampai kue menjadi beku karena akan sulit menusukkan stik lolipop nya.
5. Selama menunggu kue di dalam kulkas, lumerkan white cooking chocolate.
6. Celupkan ujung stik lolipop ke dalam coklat putih cair, biarkan sebentar, lalu tancapkan stik lolipop pada kue. Tancapkan dengan gerakan memutar supaya kue tidak pecah. Lakukan sampai bulatan kue habis. Letakkan cake pop terbalik, lalu masukkan kembali ke dalam kulkas.
7. Lumerkan dark cooking chocolate. Keluarkan cake pop dari kulkas, lalu celupkan ke dalam coklat cair dengan gerakan memutar supaya tidak berantakan. Tabur meses/trimit warna warni di atasnya/ bentuk sesuai yang di inginkan sebelum coklat pelapis mengeras. Lakukan sampai semua cake pop habis. Tancapkan ke atas styrofoam atau wadah khusus untuk cake pop.
8. Kemudian sajikan dengan es krim.

C.    Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan produk ini adalah karena kurangnya inovasi baru tentang tampilan roti. Oleh karena  itu kami membuat roti menjadi semenarik mungkin dan sehat untuk dikonsumsi. Namun masyarakat  memandang roti  itu sebagai makanan yang tidak menarik dari rasa maupun bentuknya. Itu menjadi tugas kami untuk membuat roti menjadi semenarik mungkin, tercetuslah ide cake pop yang berisi irisan daging buah dan saus es cream.

D.     Tujuan
a.       Mendapatkan keuntungan dari produk ini
b.      Membudayakan makanan sehat
c.       Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat

E.     Potensi Bisnis
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan. Cake pop roti ini mampu bertahan selama kurang lebih satu minggu (disimpan di kulkas).




BAB  II
PEMBAHASAN
A.    ANALISIS SWOT
1. Faktor Internal
1)  Strength (Kekuatan)
a.       Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
b.      Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam mengolah roti dengan mengabungkan berbagai irisan buah, dan topping yang menarik.
c.       Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan cake pop roti ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
2)  Weakness (Kelemahan)
a.       Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b.      Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pembuat cake pop roti. Kurangnya keterampilan kami dalam proses pembuatan cake pop roti itu sendiri.

 2. Faktor Eksternal
1)  Opportunities (Peluang)
a.       Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari berbagai macam variasi cake pop khususnya para remaja, karena cake pop merupakan makanan yang sangat populer dikalangan mereka. Dengan adanya cake pop buah saus es cream ini akan menambah variasi cake pop dan menawarkan cita rasa baru bagi masyarakat pada umumnya.
b.      Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan sekolah dan tempat tinggal yang ada di Kediri.
2)   Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bisa terjadi adalah keacuhan konsumen.
Kurangnya pengetahuan masyarakat dengan produk terbaru dari olahan roti dan mereka juga kurang tertarik terhadap makanan yang manis.

STRATEGI SWOT
Strength
a.  Keunggulan produk
b.   Keterampilan dan keahlian
c.   Bahan baku mudah di dapat
Weakness
a. Belum memiliki cukup pengalaman
b. Kurangnya Sumber Daya Manusia
Opportunity
a. Banyaknya konsumen
b. Sistem pemasaran
a. Melakukan program promosi jitu
b. Meningkatkan produksi
c. Melakukan latihan terus-menerus
d. Belajar berbisnis dengan segala fasilitas yang ada dan menjalin koneksi seluas-luasnya.
Threat
a. Keacuhan konsumen
a. Melakukan promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami.
b. Menawarkan keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami
a.  Memperbaiki sistem manajemen
b. Meningkatkan promosi
c. Menjaga kualitas produk

B.     PERENCANAAN BISNIS
1.      Sasaran dan Target Pasar
            Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada teman sekolah, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.

2.      Pembiayaan
1.        Biaya Tetap (Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Kompor gas
1 buah
Rp 100.000
Rp 100.000
2
Tabung gas besar
1 buah
Rp 150.000
Rp  150.000
3
Panci Kecil
1 buah
Rp   30.000
Rp    30.000
4
Tusuk Lolipop
1 pcs
Rp    3.200
Rp      3.200
TOTAL
Rp. 283.200

2.      Biaya Variabel (Variable cost) - Per Produksi
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Roti
500gr
10000
Coklat Putih
250gr
5000
Selai Rasa
1 cup
12000
Strawberry
500gr
7000
Jeruk Import
500gr
9000
Buah Naga
500gr
5000
Jumlah Harga
Rp. 48.000

3.      Biaya Total
§  Biaya total       = Variable cost + Fixed cost
= Rp 48.000 + Rp 283.200
= Rp 331.200                             
4.        Biaya dan Harga Per Unit
§  Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp 331.200 : 20 Kali = Rp 16.560
§  Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp 16.560 + Rp 48.000 = Rp 64.560
§  Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per bulan Rp 64.560 : 80 buah = Rp 807
§  Harga jual per buah Rp 2.000
5.        Modal Awal
§  Modal awal     = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi
         = Rp 48.000 + Rp 283.200
                     = Rp 331.200
6.        Analisis Titik Impas (Break Even Point)
§  BEP harga       = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Produksi
= 48.000 : 80 buah = Rp 600
§  Harga jual per unit Rp 2.000
BEP produksi  = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per unit
= Rp 48.000 : 2.000 = 24 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 buah cake pop yang harus terjual adalah 24 buah dengan harga per buah adalah Rp 2.000
7.        Analisis Keuntungan
§  Pendapatan : Cake pop yang terjual x harga jual           = 80 x Rp 2.000
= Rp 160.000
§  Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : Rp. 48.000
§  Keuntungan    = Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 160.000  – Rp 48.000
= Rp 112.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 80 buah cake pop dengan harga Rp 2.000 per buah dalam 1 kali produksi adalah Rp 112.000
8.        Pengembalian Modal   
Total biaya Produksi : Laba usaha      = Rp 283.200: Rp 112.000
= 2,5 atau 3  kali produksi      
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 3 kali produksi.

Struktur Organisasi Perusahaan
Job Description (Tugas – tugas tiap Bagian)
Manager :
1. Mengawasi setiap kegiatan karyawan dan kegiatan yang ada di  perusahaan.
2. Menilai dan mengontrol kinerja setiap karyawannya.
3. Menentukan pengambilan keputusan setiap rencana atau kegiatan  perusahaan yang akan  dilaksanakan.
4. Memberhentikan karyawan apabila terjadi hal yang dilakukan karyawan yang dapat     merugikan perusahaan.
5. Menggaji Karyawan
Bagian Personalia :
- Menyeleksi dan merekrut karyawan dengan kriteria – kriteria tertentu berdasarkan kriteria yang ada di dalam perusahaan.
- Mengevaluasi setiap kinerja karyawan.
Bagian Keuangan :
- Membuat laporan keuangan setiap bulan dan melaporkannya langsung kepada manager.
- Melaksanakan perintah manager dalam hal penggajian.
- Mencatat semua transaksi yang terjadi di perusahaan dengan jelas dan menghitungnya secara akurat.
Bagian Administrasi:
- Menyimpan arsip atau berkas – berkas perusahaan.
- Merawat dan memelihara arsip – arsip perusahaan.
- Membuat arsip perusahaan.
Bagian Kasir :
- Mencatat secara langsung transaksi yang terjadi dengan konsumen.
- Memberikan rangkapan bon pembelian kepada bagian keuangan dengan jelas dan terperinci.
Bagian Produksi :
- Membuat atau memproduksi bahan baku menjadi barang jadi yaitu masakan.
- Mengontrol setiap produksi yang di jual kepada konsumen.
- Berinovasi setiap saat dari segi cita rasa dan penyajian dengan mengikuti perkembangan yang ada.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Cake pop roti merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa dan bentuk yang unik serta baru. Produk kami ini bertujuan membantu masyarakat untuk lebih sering mengonsumsi roti dalam sehari-hari. Proses pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan cake pop.

B.     Saran

Produk kami mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya. Sehingga membedakan cake pop yang sudah ada dipasaran dengan cake pop produk kami. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami.

Share this:

ABOUTME

Hi all. This is deepak from Bthemez. We're providing content for Bold site and we’ve been in internet, social media and affiliate for too long time and its my profession. We are web designer & developer living India! What can I say, we are the best..

JOIN CONVERSATION

2 komentar: