Bisnis Plan Cake Pop
BAB I
PENDAHULUAN
Nama Perusahaan : Good Time Corp.
Bidang Usaha :
Produk Makanan
Jenis Produk :
Cake Pop, Es cream
Alamat
Perusahaan :
Jalan PK. Bangsa, Kediri-Jawa Timur
Nomor
Telepon : 081216413571
Dewasa ini, bisnis
kuliner menjadi salah satu bentuk bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis
makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik. Makanan biasa
dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi.
Salah satu makanan biasa yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari adalah
roti dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi membuat perut mudah kenyang
dan es cream yang bisa mendinginkan hati yang kacau. Namun, masyarakat mulai
jenuh dengan bentuk dan rasa roti yang biasa-biasa saja, tidak adanya inovasi.
Untuk itu, diperlukan
inovasi baru dalam mengolah roti tersebut sehingga penyajian roti tidak
monoton. Kami mencoba mengkreasikan roti tersebut, dengan mengolah roti menjadi
bulatan yang disebut dengan cake pop yang sehat, bergizi, serta bentuk yang
mampu mengundang selera. Kelebihan cake pop yang kami buat adalah isi buah bervariasi
terdiri dari buah naga, strawberry, dan jeruk yang dilengkapi dengan beraneka
macam rasa es cream serta rasa roti yang unik dikemas dalam bentuk cake pop.
B. Penjelasan Produk
Cara membuat produk
kami tidak berbeda jauh dengan membuat cake pop pada umumnya, yaitu dengan
langkah-langkah berikut ini:
1.
Hancurkan kue dengan cara di cabik-cabik sampai menjadi remahan kecil-kecil.
Jangan di remas, karena akan membuat kue susah menyatu dengan bahan lainnya.
2.
Masukkan olesan/selai coklat/selai rasa apa saja sesuai yang di inginkan
sedikit demi sedikit sambil di aduk. Fungsi selai disini agar kue dapat di
bentuk bulat-bulat. Banyaknya selai yang diperlukan tergantung jenis kuenya.
3.
Ambil sedikit adonan, gunakan sendok kecil, bulatkan sambil agak ditekan.
Letakkan di atas loyang. Lakukan sampai adonan habis. Didalam roti diberi
irisan buah sesuai selera
4.
Masukkan ke dalam kulkas selama 15-30 menit dengan tujuan supaya kue menjadi
agak padat. Jangan sampai kue menjadi beku karena akan sulit menusukkan stik
lolipop nya.
5.
Selama menunggu kue di dalam kulkas, lumerkan white cooking chocolate.
6.
Celupkan ujung stik lolipop ke dalam coklat putih cair, biarkan sebentar, lalu
tancapkan stik lolipop pada kue. Tancapkan dengan gerakan memutar supaya kue
tidak pecah. Lakukan sampai bulatan kue habis. Letakkan cake pop terbalik,
lalu masukkan kembali ke dalam kulkas.
7.
Lumerkan dark cooking chocolate. Keluarkan cake pop dari
kulkas, lalu celupkan ke dalam coklat cair dengan gerakan memutar supaya tidak
berantakan. Tabur meses/trimit warna warni di atasnya/ bentuk sesuai yang di
inginkan sebelum coklat pelapis mengeras. Lakukan sampai semua cake
pop habis. Tancapkan ke atas styrofoam atau wadah khusus
untuk cake pop.
8.
Kemudian sajikan dengan es krim.
C. Latar Belakang Bisnis
Alasan kami menawarkan
produk ini adalah karena kurangnya inovasi baru tentang tampilan roti. Oleh
karena itu kami membuat roti menjadi semenarik mungkin dan sehat
untuk dikonsumsi. Namun masyarakat memandang roti itu
sebagai makanan yang tidak menarik dari rasa maupun bentuknya. Itu menjadi
tugas kami untuk membuat roti menjadi semenarik mungkin, tercetuslah ide cake
pop yang berisi irisan daging buah dan saus es cream.
D. Tujuan
a. Mendapatkan keuntungan
dari produk ini
b. Membudayakan makanan
sehat
c. Membuat produk makanan
yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat
E. Potensi Bisnis
Produk ini memiliki
peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena makanan ini sangat dikenal dan
harganya yang ekonomis serta dapat dinikmati oleh semua kalangan. Cake pop roti
ini mampu bertahan selama kurang lebih satu minggu (disimpan di kulkas).
BAB II
PEMBAHASAN
A. ANALISIS SWOT
1. Faktor Internal
1) Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan sehat dengan
harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
b. Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam
mengolah roti dengan mengabungkan berbagai irisan buah, dan topping yang
menarik.
c. Bahan baku mudah di
dapat
Bahan baku pembuatan cake pop roti ini
tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
2) Weakness (Kelemahan)
a. Belum memiliki cukup
pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih
sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
b. Kurangnya Sumber Daya
Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi
produsen atau pembuat cake pop roti. Kurangnya keterampilan kami dalam proses
pembuatan cake pop roti itu sendiri.
2. Faktor Eksternal
1) Opportunities (Peluang)
a. Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari berbagai
macam variasi cake pop khususnya para remaja, karena cake pop merupakan makanan
yang sangat populer dikalangan mereka. Dengan adanya cake pop buah saus es
cream ini akan menambah variasi cake pop dan menawarkan cita rasa baru bagi
masyarakat pada umumnya.
b. Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah.
Kami akan memasarkannya dilingkungan sekolah dan tempat tinggal yang ada di
Kediri.
2) Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan
bisa terjadi adalah keacuhan konsumen.
Kurangnya pengetahuan masyarakat dengan produk
terbaru dari olahan roti dan mereka juga kurang tertarik terhadap makanan yang manis.
STRATEGI
SWOT
|
Strength
a. Keunggulan
produk
b. Keterampilan
dan keahlian
c. Bahan
baku mudah di dapat
|
Weakness
a. Belum
memiliki cukup pengalaman
b. Kurangnya
Sumber Daya Manusia
|
Opportunity
a. Banyaknya
konsumen
b. Sistem
pemasaran
|
a. Melakukan
program promosi jitu
b. Meningkatkan
produksi
|
c. Melakukan
latihan terus-menerus
d. Belajar
berbisnis dengan segala fasilitas yang ada dan menjalin koneksi
seluas-luasnya.
|
Threat
a. Keacuhan
konsumen
|
a. Melakukan
promosi kepada konsumen yang sekiranya tertarik dengan produk kami.
b. Menawarkan
keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami
|
a. Memperbaiki
sistem manajemen
b. Meningkatkan
promosi
c. Menjaga
kualitas produk
|
B. PERENCANAAN BISNIS
1. Sasaran dan Target
Pasar
Sasaran
kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi
dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada teman
sekolah, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam
suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap
didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, kami
menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog,
dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan
pembelian produk kami.
2. Pembiayaan
1. Biaya Tetap (Fixed
cost)
Di bawah ini sedikit
alat yang kami gunakan:
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
Barang
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
Harga
|
1
|
Kompor
gas
|
1
buah
|
Rp
100.000
|
Rp
100.000
|
2
|
Tabung
gas besar
|
1
buah
|
Rp
150.000
|
Rp
150.000
|
3
|
Panci
Kecil
|
1
buah
|
Rp 30.000
|
Rp
30.000
|
4
|
Tusuk
Lolipop
|
1
pcs
|
Rp 3.200
|
Rp 3.200
|
TOTAL
|
Rp.
283.200
|
2. Biaya Variabel
(Variable cost) - Per Produksi
Nama
Barang
|
Jumlah
Barang
|
Harga
|
Roti
|
500gr
|
10000
|
Coklat
Putih
|
250gr
|
5000
|
Selai
Rasa
|
1
cup
|
12000
|
Strawberry
|
500gr
|
7000
|
Jeruk
Import
|
500gr
|
9000
|
Buah
Naga
|
500gr
|
5000
|
Jumlah
Harga
|
Rp.
48.000
|
3. Biaya Total
§ Biaya
total = Variable
cost + Fixed cost
= Rp 48.000 + Rp
283.200
= Rp 331.200
4. Biaya dan Harga Per
Unit
§ Biaya tetap yang
dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp 331.200 : 20 Kali = Rp 16.560
§ Total biaya produksi
yang dikeluarkan per produksi = Rp 16.560 + Rp 48.000 =
Rp 64.560
§ Biaya per unit adalah
Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per
bulan Rp 64.560 : 80 buah = Rp 807
§ Harga jual per buah
Rp 2.000
5. Modal Awal
§ Modal
awal = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1
kali produksi
=
Rp 48.000 + Rp 283.200
= Rp 331.200
6. Analisis Titik Impas
(Break Even Point)
§ BEP
harga = Total biaya produksi untuk 1
kali produksi : Produksi
= 48.000 :
80 buah = Rp 600
§ Harga jual per unit
Rp 2.000
BEP
produksi = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per
unit
= Rp 48.000 : 2.000 =
24 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1
buah cake pop yang harus terjual adalah 24 buah dengan harga per buah adalah
Rp 2.000
7. Analisis Keuntungan
§ Pendapatan : Cake
pop yang terjual x harga
jual = 80 x
Rp 2.000
= Rp 160.000
§ Total biaya produksi dalam
1 kali produksi : Rp. 48.000
§ Keuntungan =
Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 160.000 – Rp 48.000
= Rp 112.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual
80 buah cake pop dengan harga Rp 2.000 per buah dalam 1
kali produksi adalah Rp 112.000
8. Pengembalian
Modal
Total biaya Produksi : Laba
usaha = Rp 283.200: Rp 112.000
= 2,5 atau 3 kali
produksi
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 3
kali produksi.
Struktur
Organisasi Perusahaan
Job
Description (Tugas – tugas tiap Bagian)
Manager :
1. Mengawasi setiap kegiatan karyawan dan kegiatan yang ada di perusahaan.
2. Menilai dan mengontrol kinerja setiap karyawannya.
3. Menentukan pengambilan keputusan setiap rencana atau kegiatan perusahaan yang akan dilaksanakan.
4. Memberhentikan karyawan apabila terjadi hal yang dilakukan karyawan yang dapat merugikan perusahaan.
5. Menggaji Karyawan
Manager :
1. Mengawasi setiap kegiatan karyawan dan kegiatan yang ada di perusahaan.
2. Menilai dan mengontrol kinerja setiap karyawannya.
3. Menentukan pengambilan keputusan setiap rencana atau kegiatan perusahaan yang akan dilaksanakan.
4. Memberhentikan karyawan apabila terjadi hal yang dilakukan karyawan yang dapat merugikan perusahaan.
5. Menggaji Karyawan
Bagian
Personalia :
- Menyeleksi dan merekrut karyawan dengan kriteria – kriteria tertentu berdasarkan kriteria yang ada di dalam perusahaan.
- Mengevaluasi setiap kinerja karyawan.
- Menyeleksi dan merekrut karyawan dengan kriteria – kriteria tertentu berdasarkan kriteria yang ada di dalam perusahaan.
- Mengevaluasi setiap kinerja karyawan.
Bagian
Keuangan :
- Membuat laporan keuangan setiap bulan dan melaporkannya langsung kepada manager.
- Melaksanakan perintah manager dalam hal penggajian.
- Mencatat semua transaksi yang terjadi di perusahaan dengan jelas dan menghitungnya secara akurat.
- Membuat laporan keuangan setiap bulan dan melaporkannya langsung kepada manager.
- Melaksanakan perintah manager dalam hal penggajian.
- Mencatat semua transaksi yang terjadi di perusahaan dengan jelas dan menghitungnya secara akurat.
Bagian
Administrasi:
- Menyimpan arsip atau berkas – berkas perusahaan.
- Merawat dan memelihara arsip – arsip perusahaan.
- Membuat arsip perusahaan.
- Menyimpan arsip atau berkas – berkas perusahaan.
- Merawat dan memelihara arsip – arsip perusahaan.
- Membuat arsip perusahaan.
Bagian
Kasir :
- Mencatat secara langsung transaksi yang terjadi dengan konsumen.
- Memberikan rangkapan bon pembelian kepada bagian keuangan dengan jelas dan terperinci.
- Mencatat secara langsung transaksi yang terjadi dengan konsumen.
- Memberikan rangkapan bon pembelian kepada bagian keuangan dengan jelas dan terperinci.
Bagian
Produksi :
- Membuat atau memproduksi bahan baku menjadi barang jadi yaitu masakan.
- Mengontrol setiap produksi yang di jual kepada konsumen.
- Berinovasi setiap saat dari segi cita rasa dan penyajian dengan mengikuti perkembangan yang ada.
- Membuat atau memproduksi bahan baku menjadi barang jadi yaitu masakan.
- Mengontrol setiap produksi yang di jual kepada konsumen.
- Berinovasi setiap saat dari segi cita rasa dan penyajian dengan mengikuti perkembangan yang ada.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Cake pop roti
merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa dan
bentuk yang unik serta baru. Produk kami ini bertujuan membantu masyarakat
untuk lebih sering mengonsumsi roti dalam sehari-hari. Proses pemasaran pada
tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya
dilakukan melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter. Harga yang kami
tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Kami juga
menyediakan pelayanan pemesanan cake pop.
B. Saran
Produk kami
mengutamakan kepada unsur kesehatan yang terkandung di dalamnya. Sehingga
membedakan cake pop yang sudah ada dipasaran dengan cake pop produk kami. Oleh
karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi
kami.
ABOUTME
Hi all. This is deepak from Bthemez. We're providing content for Bold site and we’ve been in internet, social media and affiliate for too long time and its my profession. We are web designer & developer living India! What can I say, we are the best..
aku yo mau ngeshare iki
BalasHapushaha monggo silahkan ;)
BalasHapus